Jumat, 28 Juni 2013

Sejarah Nababan di Hitetano (1)



I. PAMONA MANGAMBIT TUA NABABAN DNG KEBOLEHANYA
SEBAGAI DUKUN:

Siapakah Pamona Mangambittua NABABAN ?Dari mana Asal /Kampung nya?agar bisa mengetahui atau menjawab pertanyaan tadi lebih dulu kita harus mengetahui sisilah mereka.
Sesuai keterangan kakek kita/orang tua launjut usia dulu yang telah 11 sudut/turunan (Generasi) kepada penulis di hitung dari Pamona. mangambittua,kmaka kakak kita itu adalah turunan dari borsak mengatasi.
kalau kita turunkan dari borsak mengatasi NABABAN,maka beliau adalah Generasi/Turunan yang ke 10.dan nama bapak nya adalah Ompu lobi. Nagasaribu.dan mereka ada tiga bersaudara dengan bona sebagai adik nomor satu kemudian tuwuno sebagai adik nomor dua,jadi kakak kita tersebut adalah anak Salung/Pertama dari tiga bersaudara.Menurut cerita bapak nya Ompu lombi. Nagasaribu adalah seseorang datu bolon /dukun Besar dan disegani serta di takuti orang banyak.Secara Kristen ini tidak baik dan tidak perlu di besar-besar kan tapi maklum nya pada waktu itu belum ada agama Kristen dating ke Tapanuli.jadi karena pada waktu itu umum nya orang batak masih gelap terhadap agama,maka kita tidak perlu malu di dalam nhal ini. Jadi karena Ompunta/Kakek kita menganggap dengan kepandaian dukun tab bisa untuk menambah kehidupan dan keahlian untuk mengobati orang sakit dan dapat melakukan orang lain maka ia belajar dengan sungguh sungguh dan tekun sehingga menjadi datuk bolon/datuk besar.
Tapi kita tidak jelas dari siapa dia belajar sehingga menjadi datu bolon.terpanggil dan terpikir dalam hati nya bahwa semua anak nya yang tiga tadi juga harus menjadi datuk/dukun.maka ilmunya di ajarkan kepada anak nya,dan tidak hanya keahlian untuk mengobati orang ddi ajarkan tapi untuk melakukan musuh juga turut di ajar kan.
Bukan hanya itu,tapi jug ula-ula (ula-ula seperti mantera 2) yang memakai kekuatan Sibolis(setan)juga di ajar kan kepada anak nya tersebut.
II. MEMBUAT PANGULUBALANG(SEMACAM ORANG JADi-JADIAN):
Menurut berita.Malahan membuat Pangulubalang juga di ajar kan bapak nya kepada anak nya yang tiga tadi.seperti kita ketahui pangulubalang adalah semacam/suatu ke ajaiban di mana kita bisa menyuruh nya berbuat apa saja yang kehendak kita terutama untuk membunuh atau untuk menghangus kan musuh kita,dan umum nya kearah yang tidak baik.
Kekuatan ini bisa di adakan dengan mengorban kan seseorang dengan membunuh nya seperti orang mati karena kepanasan oleh cairan timah yang terbakar meleleh.
Karena panas nya.biasa nya tumbal/korban nya adalah anak kecil sebagai pangulubslang tersebut Jadi bisa di bayangkan sadis dan jahat nya perbuatan itu.kalau kita bayang kan kejadian.
Ini bisa membuat bulu kudu kita ber diri dan takut tapi begitu lah kejadian pada waktu itu
Untuk korban tsb anak kecil itu di ambil dari marga lain dan dari kampong lain dan di usahakan jangan ada yang mengetahui nya.karena apabila ketahuan perbuatan/ penculikan ini,maka akan terjadi ah pembalasan yakni jiwa/anak harus di balas dengan jiwa/anak.jadi barang siapa yang menculik dan membunuh orang apabila keohuan harus di balas dengan kematian juga.jadi betul betul harus di rahasia kan oleh penculikan nya (Tap sceet)
Sebelum mereka berempat (Ompu lobi nagasaribu berikut tiga anak nya tadi.)menculik/mencuri anak yang mau di korban kan itu sebagai bahan untuk pangalubalang maka sebelum nya mereka berempatbersumpah untuk tidak kebocoran atau ketahuan kepada siapa pun selain mereka.mereka harus diam tidak boleh ketahuan orang lain harus sepurasaan sepananggunaan,harus sama sama menghadapi kesulitan tidak boleh membiar kan seseorang menanggung derita/beban,sama sama susah dan gembi akan binasa/di makan sumpah nya sendiri.
Setelah janji dan sumpah mereka sudah lirarkan dengan benar,maka mereka merencanakan waktu kapan melaksanakan nya kemudian
kita.berangkat menculik/mencuri anak kecil ke kampung orang lain dan memenuhi syarat Serta kecerdasan nya lalu anak tsb di ajari/di perintah agar selalu mengatakan ya kepada mereka.;dan agar anak tadi mau mau di perintah/di ajari maka permintaan nya selalu di turuti mereka berempat.
Kita atau anak kecil paling paling makanan yang dia sukai,jadi kalau anak kecil tadi minta hati babi missal nya,mereka akan mengusaha kan makanan tsb. Umpamanya ia meminta daging rusa maka mereka berempat akan mengusahakan nya demi agar anak tsb mau di suruh nanti.
Demikian lah brlansung beberapa hari rayuan/bujukan di lakukan terhadap anak tersebut sampai semua perintah mereka di setujui/mau di laksanakan nya nanti.jadi
tidak akan ada lagi penolakan dari dia sekali pun apa perintah/permintaan dari mereka nanti.
Missal nya apabila mereka bilang,ayo kw pergi dulu pukul paman mu itu.maka dengan spontan ia berkata: baik saya akan pukul.
Setelah matang bujukan/rayuan kepada anak tsb maka kemudian melanjutkan nya anak mereka proses lah untuk menjadi pangulubalang.dng membakar timah di atas api yang membara sampi timah tsb meleleh,maka cairan tsb di tumpah kan di masuk kan kedalam mulut anak keci tsb dengan sekejap saja akan mati.
Menurut cerita pangulubalang tsb di simpan di dalam guru guri/semacam guci zaman sekarang,dan kita tidak tahu proses selengkap nya beserta mantra manra
nya mengenai pembuatan pangulubalang ini tapi yang jelas pekerjaan tersebut mengandung unsur setan dan mengandal kan kekuatan dunia yang kita tidak tahu.
III.BARANG/ANAK KECIL YANG DI CURI KETAHUAN :
Ada pendapat batak mengatakan sai muap do nabau
Artinya : biarpun bagaimana kita menyembunyikan yang bau pasti yang bau pasti
ketahuan juga demikian lah kejadian itu ,menurut cerita jari jari. Dari tangan dan kaki anak tsb tidak ikut di proses jadi pengulubalang,jadi dengan tidak ikut nya jari tsb di proses maka ini lah nanti yang membuka tabir dan sumber terbongkar nya anak tsb sehingga ketahuan.
Tentunya orang tua kecil yang di culik tadi akan mencari anak nya mulai dari kampung nya,kampung yang dekat dengan kampung sampai ke kampung yang ada di sekeliling di,
Daerah/Kampung nya tsb. Bukan Cuma orang tua anak tsb yang mencari,tapi semua pamili/keluarga ikut aktif mencari nya hingga ke kampung sekeliling nya,samoai ke gunung gunung ke hutan,karena mereka mengira sipa tahu binatang buas yang mengambil nya anak tsb.demikian lah akan pencarian,hari ke hari minggu ke minggu bahkan sampai berbulan bulan.
Pada suatu ketika mereka menemuka jari jari anak kecil tapi mereka yakin bahwa anak tersebuut bukan di makan binatang buas pasti orang/manusia yang membunuh kaerena kelihatan dari jari jari nya tsb bukan rusak karena di gigit binatang buas tapi karena di potong oleh manusia dengan mengguakan pisau.
Dimana ketemu jari tersebut ?
Waktu isteri ompu lobi pergi dari rumah maka merek berempat memasukkan jari tsb ke dalam kuali dan sewaktu mereka sampai di tempat ambil air (mual)dengan tidak sadar isi kuali tsb asal dbuang saja di keliling mual /air tub.
Kemungkinan setelah beberapa hari pihak keluerga yang kehilangan mencari anak nya kebetulan lewat daru mual itu mereka mencium bau yang tidak enak seperti bau busuk di sangka ular yang sudah mati atau binatang lain.
Karena mereka curiga akan bau tsb lalu mereka mencuri dari mana asal nya atau di mana tempat nya yang bau tsb.kemudian mereka kagat melihat jari jari anak manusia tsb masih ada.
Kemudian mencari bagian bagian lain dari tubuh anak itu pada suka liling samoai sampai alangalungdi sekeliling nya rusak kaba injak.tapi usaha mereka sia sia tidak menemukan.
Tubuh anak tsb.setelah di amati jari tsb boleh di pasti kan bahwa jari tsb telah di potong dengan pisau atau golok kemudian mereka pulang dan jari itu pun mereka bawa sebagai barang bukti.kemudian para orang tua/mengetahui dari kampung mendapat bahwa anak tsb telah di bunuh orang beberapa hari yang lalu.
SIAPAKAH YANG MMBUNUH NYA ?
Karena jari/bangkai tsb di temukan di samping mual/air kepunyaan ompu lobi dan di hubungkan pekerjaan atau keahlian nya sebagai datuk/dukun besar.jadi mereka menduga
Bahwa ompu lobilah yang membunuh anak tsb.untuk di jadi kan pangulubalang nya, mereka tahu bahwa ompu lobi itu adalah datu bolon/dukun besar dan terkenal,dia tidak takut kepada tuhan tapi ia hanya takut kepada setan /iblis.
Setelah raja raja kampung dari yang punya anak hilang tsb sepakat bahwa tidak lain Ompu lobi lah yang membunuh anak tersebut.maka meeka sependapat bahwa ompu lobi
Tersebut di bunuh sebagai tumbal/balas dari ke matian anak tsb.karena memang begitulah hokum nya pada zaman dulu ke matian harus di balas dengan ke matian pula.
Tapi karena ompu lobi tersebut terkenal akan kedatuan/dukun maka mereka takut kalau hanya tiga atau dua orang saja yang melawan nya,untuk itu kemudian berduyun duyun lah seisi kampung tersebut pergi ke kampung ompu lobi untuk menangkap nya hidup atau mati.
IV.ASAL MULA PAMONA DI HIANATI BAPAK NYA SERTA ADIK-ADIK NYA :
Pagi pagi sekali,rombongan dari pihak anak yang hilang telah dating ke kampung Ompu lobi untuk membunuh Ompu lobi dan karena masih pagi Ompu lobi beserta ke tiga anak nya dan interi nya juga masih ada di rmh,belum sempat pergi ke ladang.
Tetapi setelah rombongan tadi tiba di halaman rumah Ompu lobi,dan karena masih pagi Ompu lobi dan beserta ketiga anak nya dan isteri nya juga masih ada di rumah,belum sempat pergi ke ladang,tetapi setelah rombongan tadi tiba di halaman rumah Ompu lobi tsb.mereka tidak lansung masuk ke rumah mereka takut malahan nanti mereka yang duluan di bunuh Ompu lobi.
Karena untuk masuk ke dalam rumah harus melalui tangga maka barang siapa yang masuk akan mudah di bunuh atau di golok/bacok dari pintu atas maka rombongan tersebut memanggil dari luar.
Melihat banyak orang dari luar siap dengan senjata tajam dan di antara rombongan itu ada ada yang di kenal ompu lobi maka ia lansung curiga akan kemudian harus pakai akal.
Dengan maksud kalau pun terjadi apa apa/pembunuhan terhadap mereka jangan lah semua nya mereka menjadi korban,begitu lah pendapat nya akan hal tersebut.
Kemudian ia/ompu lobi turun dari rmah beserta anak nya nomor dua dan nomor tiga sementara anak nya yang paling sulung pamona tinggal beserta ibu nya di rumah,
Kemudian rombongan lansung menuduh Ompu lobi membunuh anak kecil tsb dan minta tanggung jawaban tapi Ompu lobi tidak menerima tuduhan tsb,kemudian terjadilah perang mulut antara mereka dengan gencar sehinggaO mpu lobi kewalahan.
Karena situasi sudah gawat dan tidak mungkin di pungkiri kagi,maka ia mengatakan bahwa bukan mereka bertiga yang membunuh anak tsb tapi pamona anak nya yang nomor satu lah mencuri dan membunuh nya.
Jadi kalau memang nyawa di balas dengan nyawa,kepada pamonalah kalian tuntut,jangan kepaa kami bertiga karena kami tidak ikut,demikian tutur kata ompu lobi terhadap rombongan tadi.sementara isteri Ompu lobi mendengar semua pembicaraan mereka di luar,maka dia telah tahu bahwa jiwa anak nya pamona sudah terancam bati nya kematian,selanjut nya ibu nya berkata kepada anak nya pamona lepaskan lah diri mu anak ku sayang bawalah tombak dan pedang halasan ini,gunakan lah ilmu yang engkau ketahui
Jangan sampai kau nanti di mati kan orang tsb,tapi pamona tidak lansung turun dari rumah tapi lebih dulu diapersiap kan mesium dll di pinggang nya sebagai tambahan senjata nya nanti .
Karena pintu satu satu nya hanya dari depan rumah,kemudian ia pun turun dengan tombak di tangan kiri dan pedang di tangan kanan tapi pedang nya masih dala m sarung belum di buka sebetul nya rombongan tadi susah dekat/berada dekat tangga,tapi pamona sekejap saja melompat dari tangga jadi ia tidak sempat di pegang oleh musuh nya,tapi sarung pedang nya telah di pegang dengan dua tangan oleh musuh nya.
Jadi karena sarung pedang sudah kepgang musuh kemudian pamona mencabut pedang nya dari sarung nya.sementara melihat tombak dan pedang sudah terhunus di tangan pamona lalu rombongan puntakut menangkap dia.kesempatan ini di gunakan pamona untuk melari kan diri kebelakang rumah nya sementara di antara rombongan tidak ada berani mengejar nya.
Setelah agak jauh dari musuy dan merasa tidak mungkin bisa di kejar dan di tangkap oleh musuh nya kemudian ia beristirahat sejenak melepas kan lelah dgn nafas panjang dan kemudian ia mengatakan dgn kuat bahwa.bapak kudua adik ku tidak tepati janji/titak pantas terhadap anakmu/abang mu sendiri kalian berbuat demikian kalian telah ingkar janji kita:dulu kita telah bersumpah kita harus sama sama menaggu resiko tapi sekarang kejadian itu dating kalian limpah kan hanya kepada saya,untuk itu ingat lah bapak tidak akan ada lagi hubungan kita untuk hari ini dan seterus nya dan marga mu sekali pun tidak akan saya gunakan lagi termasuk keturunan saya nanti,ibarat nya saya nanti kalau menanam pisang kemudian berbuah tapi menghadap kampung mu,maka pisang tersebut akan saya potong.dan apabila nanti ayam saya berkokok menghadap kampung mu maka
Maka ayam tsb juga akan saya potong dan asap api dari rumah saya bila kea rah kampung mu nanti maka api yang di rumah saya akan saya padam kan,demikian lah ketat
nya sumpah/janji atau tekat dari pamona untuk melupakan kekesalan nya terhadap bapak
nya dan kedua adik nya tersebut.
Sementara rombongan keluarga anak kecil yang malang tadi hanya bisa ternganga dan diam seribu bahasa karena tidak berhasil kemudian mereka pulang ke kampung nya dan sarung pedang yang mereka pegang tadi ikut di bawa nya,apabila sarung tersebut belum rusak sampai saat ini maka sarung tersebut berada di pihak anak yang kehilangan tsb.
Tombak dan pedang tsb selalu di bawa pamona pegi entah ke mana pun dia singgah dan pedang tersebut menjadi barang pusaka untuk di berikan kepada keturunan nya yang kemudian,dan pada saat ini pedang tsb masih ada dan utuh di simpan di hitetano Habinsaran,sementara pedang tsb telah di buat sarung nya
Dan ampai saat ini keturuna pulahat lah sebagai yang paling tua anak dari pamona mangambitua di hitatano yang menyimpan pedang dan tombak tersebut,dan apabila pesta besar upacara adapt besar di Hitatano maka tombak dan pedang itu sering di pertonton kan/di kasih tau kepada khayak rumai.
Sementara rombongan pihak anak yang hilang tadi pulang maka Ompu lobi dan kedua anak nya itu tidak di apa apa kan pihak yang kehilangan anak karena mengigat sumpah dari Ompu lobi tadi yang menyatakan mereka bertiga tidak ikut mencuri anak tersebut,dan sesuai hokum yang berlaku maka terhadap Pamona lah mereka/rombongan tadi balas dendam sementara pamona tidak bisa mereka tangkap dan mereka tidak bisa menemukan nya.
V. PAMONA PANGAMBITTUA BERANGKAT KE TOBA :
Pada waktu kejadian ini pamona sudah Dewasa/Dolidoli dan berumur oleh karena keberanian dan bekal keahlian/datuk yang di milikinya maka ia tidak takut merantau ke negri mana pun,demikian lah kejadian itu sehingga harus berangkat dari tanah humbang turun ke tanah Toba dan ia pindah dari kampung yang satu ke kampung yang lain sehingga ia tidak begitu tinggal di kampung tampahan (Baliga)tetapi ia lama tinggal di kampung lumban gala-gala(Balige).oleh karena ia tetap waspada akan pihak keluarga anak yang di bunuh nya datang mencari nya maka ia tinggal selali berpindah pindah kampung yang stu ke kampung yang lain di samping ia tidak mau memberi di rahasiakn ia pintar mengalihkan pembicaraan sehingga tidak sempat orang bertanya tentang hal tsb kepada nya.untuk bekal hidup nyaia menggunakan ke ahlian/datuk nya terutama di bidang pengobatan,menolong orang sakit,dan apabila untuk apa bawa nya itu pun suka di gunakan apabila ada lawan nya karena ia pintar bergaul jadi senapan orang kampung tsb bisa dia pinjam.
VI.SAAT RAJA-RAJA KAMPUNG SALING ADA KEKUATAN :
Setelah sekian lama ia tinggal bersandar atau mengandal kan kekuatan datu/keahlian nya itu maka ia brtemu dengan raja lumbangala-gala balige yang bermarga simanjuntak di kampung tsb dan lama ke laman mereka akrap sekali seperti sanak saudara saja.
Sekali raja tsb membujuk agar pamona mengasi tahu marga dan kampung nya tapi ia tetap tidak mau memberi tahu kan karena ia takut pada suatu ketika pihak anak kecil yang mati dulu datang mencari nya sehingga ia akan tertangkap,di samping ia telah mengucap kan sumpah janji kepada diri nya bahwa tidak akan mengakui bapak dan kedua adik nya lagi demikian juga tentang marga tsb sampai kepada keturunan nya sekalipun.
Raja Simanjuntak tadi telah banyak mendengar dari orang di kampung tsb tentang ke beranian danke ahlian Pamona ini,sehingga ia juga merasa segan sama pamona,pada
suatu sat raja tsb memberi tahu kan rahasia,apa yang selama ini tersimpan dalam hati nya kepada Pamona akan suatu hal di mana selama ini ia tidak bocor kepada orang lain
APAKAH KIRANYA RAHASIA RAJA TSB ?
Rupanya raja tsb selama ini telah dendam dgn saling bermusuhan dgn seseorng juga raja dari kampung lain,ia mau membunuh raja tersebut tapi ia tidak sanggup dan berani karena ia tahu raja tsb sangat berani dan sangat kuat srta ia punya hadatuon/dukun juga dia kesal terhadap raja tsb karena selalu bikin perkara malahan nyawanya selalu terancam akan di habisi.
Sebelum nya di mulai pembicaraan dengan pamona maka raja simanjuntak tadi mereka terlebi dulu membuat sumpah dan janji bahwa masalah ini tidak akan di bocor kan ke pada orang lain mereka berdua yang tahu kemudian semua persoalan di beri tahu kan lah dengan jelas dan lengkap kepada pamona,sekarang raja tersebut meminta kepada pamona
Agar membunuh raja saingan nya atau lawan nya tadi dengan tangan sendiri atau melalui kepintaran nya sebagai dukun-pun.
Oleh karena tidak ada orang lain yang mendengar pembicaraan mereka maka pamona pun menayakan permintaan raja tsb.memang pamona orang nya gesit ia tidak takut kepada manusia dan kepada tuhan ia hanya takut kepada iblis dan setan karena agama belum ada waktu itu.
Kemudian ia berkata kepada raja :wahai raja kamu tahu apa yang patut kamu laksanakan dan perbuat dank arena itu lah maka kau di angkat jadi raja di kampung ini. Sebetul nya para penduduk kampung mencari siapa yang membunuh raja tsb tapi sia sia saja alias tidak ketahuan sampai suatu saat mereka menghentikan pencarian pembunuh tsb.
VII.PAMONA MEMINTA KEPADA RAJA AGAR PUTERI NYA SITAILAN
DI PERSUNTING :
Setelah kira kira satu bulan sudah kematian musuh/lawan raja si manjuntak tsb maka timbul lah niatnya untuk menuntut janji raja tsb kepada nya yakni harus rela menyerah kan putri nya menjadi isteri pamona karena ia sudah yakin tidak akan terbongkar siapa yang sebutul nya membunuh raja yang lain tadi.
Pada suatu ketika tepat pada siang bolong pamona lalu menghadap raja untuk maksud tadi,dan saat itu tidak ada yang melihat dan mengetahui pembicaraan mereka kemudian ia mengatakan raja horiihot ni doton hata siingoton,artinya janji harus di tepati jadi sepasang kita telah mengetahui bahwa musuh raja sudah mati,dan saya yang membunuh nya maka dengan ini pula saya minta agar raja sudi kiranya menyerah kan putri nya si tailan untuk menjadi isteri ku.
VIII.RAJA MENCOBA INGKAR JANJI KEPADA PAMONA
I.MAS KAWIN NYA GAJAH :
Sebetul nya berita ke matian raja lain musuh nya itu sudah lama smpai di telinga nya tapi ia pura pura tidak tahu mempedulikan nya malahan saolah olah tidak mau pusing akan berita itu dengan maksud untuk mengelabui orang banyak supaya seolah olah ia tidak ada atas kematian raja tsb.
Dia sudah menduga bakal datang pamona menuntut janji kepada nya sedang kan hal itu sama sekali tidak ia sukai,untuk itu ia cari jalan/cara sehingga Pamona tidak jadi menantu nya karena ia malu punya menantu yang tidak jelas Asal Usul nya dan marga nya .
Secara lansung ia tidak menolak permintaan pamona tapi ia mengusahakan cara lain untuk membatal kan nya kemudian raja tsb menjawab/mengatakan kepada pamona betul hori ihot ni doton hata Siingoton,tapi kamu harus tahu degar lah dlu pembicaraan ku
Seperti anda tahu saya adalah raja di kampung ini saya disegani dan di hormati oleh rakyat ku mereka turut akan perintah ku,dan saya adalah raja adat dan hukum:bagaimna mungkin saya mengasikan Anak /Putrid saya tampa mas kawin ?seperti kamu tahu di kampung ini apabila seseorang putri raja kawin maka mas kawin nya harus banyak dan besar nilai nya.
Kemudian Pamona segera menjawab berapa kira nya mas kawin yang harus saya bayar untuk putri raja? Seperti raja tahu saya tidak punya kerbau,sapi,atau kuda tetapi kalau saya uang punya dan saya akan bayar samampu saya.
Kamu tahu bahwa banyak pemuda pemuda kampung ini datang melamar anak putere ku,tapi saya tidak beri kan karena mereka tidak sanggup akan mas kawin yang saya minta.
Jadi kalu kau sanggup membayar mas kawin nya puteri saya silakan ambil si tailan itu,supaya kamu tahu mas kawin nya adalah seekor gajah hidip klau kamu bisa/sanggup akan hal itu yakni kamu harus membawa gajah hidup hidup ke halaman rumah saya silah kan puteri saya kamu peristerikan,sebetul nya raja tsb bermasud agar
Permintaan/Tuntutan pamona itu gagal ia piker tidak mungkin pamona dapat membawa gajah ke halaman rumah nya jadi hanya alasan saja
Mendengar permintaan raja tsb pamona kaget sebentar tapi boleh karena nya cintanya telah mendalam dan hangat kepada putri nya raja itu.maka ia pun mengatakan ya sanggup, kemudian pamona minta waktu untuk mencari gajah tsb dan sementara raja sudah terbayang bahwa tidak mungkin hal itu bisa di laksanakan pamona.pamona lalu mengatakan kepada raja sbb:kalau memang gajah lah sebagai mas kawin putrid mu baik lah kalau mula jadi na bolon (tuhan mereka anggap waktu citu)mengijinkan hal itu dapat terlaksana nanti katanya.sementara pamona minta agar isteri raja menyediakan lappet tujuh buah yang besar besar untuk di persembah kan kepada mula jadi na bolon di hupun menyanggupi,setelah selesai lappet tsb di buat oleh isteri raja maka kemudian raja menyerah kan nya kepada pamona dan seterus nya ia permisi untuk pergi ke hutan sambil mengatakan apabila memang putri raja itu memang jodoh saya maka gajah itu nanti akan saya bawa kehalaman rumah raja.
Kemudian pamona berangkat kearah dangsina{menuju ke hutan lebat tempat binatang buas dan ganas lengkap membawa lusuri hutan tadi ia sampai di atas bukit yang tinggi dan bawah serta lereng bukit tadi terbentang lah hutan yang padat.
Sementara karena ia sudah capek,maka ia beristirahat di atas bukit tadi ia tidak sanggup lagi meneruskan perjalanan nya dan hari sudah sore kemudian sesajen lappet tadi di krjakn dan di taruh di atas bukit sambil mengucapkan manteramantara yang kita tidak tahu.setelah selesai di kerjakan ia pun tidur sampai nyenyak.dan setelah dan sekian lama ia terbangun detik tidur nya sementara hari sudah gelap gulita.karena sudah malam dan gelap ia pun tidak tahu ke mana ia akan pergi sementara perut sudah lapar,karena tidak.
Ada makanan lain maka sesajen/lappet tadilah yang ia makanan lain maka sesajen/lappet tadilah yang ia makn sendiri disan dun ia menginap di sana juga.
Pagi nya sebelumia pulang lebih dulu ia makan lappet sisa nya yang semalam dan setelah ia sampai di kampung kebetulan raja tersebut berada di sana melihat pamona datang tidak membawa hasil mak kelihatan raut muka gembira krena ia pikir siasat nya telah berhasil dan ia bertanya kepada pamona dengan sinis :
Tetapi Pamona menjawab raja seperti saya kata kan apabila si Tailan itu memang jodoh saya.lihat lah sebelum sore/gelap nanti maka gajah yang raja minta akan datang ke halaman rumah mu.
Jadi bersiap siap lah untuk memasukkan nya ke kandang nanti.mendengar pembicaraan pamona tadi maka muka raja itu pun kecut tapi ia akan tetap tidak percaya akan hal tsb.
Kira kira jam tiga sore maka raja itu pun kaget melihat seekor gajah besar datang dari arah samping kampung tsb menuju kampung rumah raja dan sementara gajah tsb menggosokgosok kan belalai nya ketiang rumah penduduk sampai ada yang roboh.
Sementara gajah datang,maka Pamona meminta kepada raja agar membuka kandang rumah nya (biasanya kandang kerbau/sapi berada di bawah lantai rumah)dan minta agar gajah tsb di masuk kan kedalam kandang,lalu ia berkata:ini lah mas kawin saya yang raja minta itu di lain pihak raja itu sudah ketakutan.ia takut nanti rumah nya juga di roboh kan nya kemudian raja itu mengatakan kepada pamona sbb:sekalipun kau tidak memberi tahu kan marga dan kampung mu tapi saya percaya bahwa kau adalah anak seorang raja juga.saya belum pernah lihat gajah selain kali ini saya tahu kau adalah seorang anak yang jujur kamu kuat akan janji mu.sekarang kasihanilah kami usir lah gajah itu dari sini.
Tidak begitu lama setelah raja itu menyatakan tadi keada pamona ia pun lalu mengusir gajah tsb dari kampung itu.sementar pada saat itu musim panen padi.maka pada waktu itu padi sedang menguning di subulele(Balige)gajah pun pergi kearah subulele tsb melewati sawah yang sedang menguning sehinggah padi itu banyak yang rusak kena injak dan belalai nya kemudian penghuni kampung itu pun berdatangan sambil menyoraki gajah tsb dengan ucapan bulele,bulele,mereka beri nama gajah itu bulele.karena pada waktu masyarakat belum tahu nama gajah karena tidak pernah di lihat jadi karena belalai itu lah maka di beri nama bulele jadi menurut cerita mulai sejak itu lah ada kampung yang bernama bulele dekat balige sampai sekarang.
2. RUSA DI TUNTUT UNTUK DI JADI KAN LAUK PDA PESTA
PERKAWINAN :
Setelah gajah pergi dari kampung tsb.Pamona kemudian menanyakan pada raja kapan ia bisa mengambil putri nya tailan itu sementara sekali pun raja telah melihat kesaktian dan kepandaian pamna sampai ia mendatang kan gajah ke kampung.tapi raja belum senang /setuju kalau anak nya itu menjadi milik pamona jadi ia mencari akal lagi agar rencana nya berhasil yankni pekerjaan yang tidak mungkin bisa di kerjakan oleh Pamona.
Kemudian raja berkata,saya tidak menuntut mas kawin lagi dari pada mu tapi seperti anda ketahui saya ini seorang raja yang tahu adat jadi sebalik nya saya harus membayar itu semua kepada mereka.
Untuk itu kalau memang kau mau mempersunting puteri ku kau harus menyediakan bakal untuk pesta besar Karena saya nanti bakal memanggil raja raja tetangga dan seluruh
kampung ini handai taulan dan lain lain maka kamu harus menyedia kan makanan/daging untuk pesta besar.
Lantas Pamona bertanya apakah kira nya yang akan raja bikin?apa sapi,kerbau,babi pokok nya saya tidak punya peliharaan binatang tsb.
Raja mengatakan kepada pamona bahwa ia sudah lama bercita cita apabila puteri nya kawin nanti mak sebagai makanan/khusus nya daging penduduk kampung ini sudah biasa dan mual,maka saya akan bikin daging rusa sebagai makanan sebagai pesta tsb
Rusa itu pun tidak sembarang rusa,tidak boleh induk/betina.palagi anak nya tapi harus rusa besar dan jantan yang tanduk nya sudah panjang dan bercabang.mendengar itu pamona hamper emosi dan mau mengucapkan kata kata melawan.karena ia anggap semua ini Cuma alasan yang di buat buat untuk menolak secara tidak lansung tetapi kerena akan ia ingat pada puteri nya raja tsb maka sekejap ia pun mengalah dan lembut terhadap raja tsb.
Terus,ia teringat akan gajah yang begiitu besar bisa ia datang kan masa rusa tidak bisa asal mula Nabolon mengijin kan,dengan terpikir oleh nya maka ia lembut dan tidak jadi marah kepada raja.lalu ia mengatakan kepada raja,memang benar yang raja minta sebagai daging untuk makan pada pesta perkawinan nanti apakah itu nanti du antar dan di jumput puteri nya kita harus hormat,jadi saya juga tidak mau membuat raja ini tidak hormat dan kurang apa.gara gara saya mau memperisteri kan si tailan.
Seperti raja yang telah saksi kan bahwa raja yang dulu minta agar saya membawa gajah kesini saya sudah laksanakan,maka rusa itu pun nanti saya akan datang kan,maka saya dulu pernah mintak lappet dan ramuramuan lain agar isteri raja menyediakan untuk saya bawa ke hutan,dan memang si tailan itu jodoh saya maka lihat lah nanti tidak beberapa hari nanti rusa besar itu akan saya bawa,jangan jangan��..ia berhasil seperti dulu ia mendatang kan gajah sapi biar pun demikian ia takut menolak permintaan Pamona,karena bisa bisa pamona marah dan hilang kesabaran nya sehingga raja sendiri di bunuh karena kekesalan nya.
Kemudian isteri nya menyediakan perbekalan seperti yang Pamona minta,dan selanjut nya pamona pun berangkat ke hutan mencari rusa tsb.dan ia tahu lebih sesuai mencari susah mencari rusa dari pada mendatang kan gajah yang dulu itu.karena rusa tersebut harus di tangkap dan di bawa nanti ke rumah/kampung raja tsb.
Setelah lengkap semua perbekalan nya.kemudian Pamona pamit kepada raja dan berangkat menuju ke hutan yang dulu pernah ia jelajahi,Cuma ia tidak pergi ke bikit tempohari tapi ke lerenglereng bukit sampai memperhatikan apakah ada bekas injakan rusa di tanah.
Seterus nya ia pun sampai ke bukit kecil kemudian beristirahat di sana sambil mempersiap kan perlengkapan sesajen dan lain lain ang akan di tonggokan nya di atas bukit tsb,ia minta agr rusa di cari di tunjuk kan kepada nya di mana sebagaian lappet itu di makan .Tapi ia lihat hari sudah mulai sore.tidak ada guna nya lagi untuk meneruskan perjalanan,lalu ia membuat tempat tidur di sana sendan nya karena ia akan meginap/tidur malam nanti di situ pula.
Esok hari nya setelah ia bangun,sebagian sisa makanan tadi ia makan untuk selanjut nya menerus kan perjalanan.tapi setelah ia jalan hingga hamper tengah hari,ia belum pernar lihat injakan kaki seekor rusa.ia hampir putus asa,mau balik ke belakang kebetulan pada
waktu itu panas nya tarik matahari sehingga ia sudah haus dan capek,sambil jalan tidak begitu lama lagi ia menemukan injakan bekas kaki rusa,kemudian bekas injaka tadi ia perhati kan ternyata masih baru,sekejap ia berpikir apa rencana selanjut nya siapa tahu rusa itu baru lewat dan sudah dekat dangan ia.
Kemudian perhatikan sekeliling makin dekat kelihatan bekas tadi makin baru berarti sudah dekat dengan dia pamona telah tahu bahwa rusa biasanya gampang haus,maka ia menduga bahwa rusa itu pasti mau mencari air untuk minum mencari sungai atau empang.
Ia tahu bahwa penciuman rusa itu sangat tajam, maka pamna memperhatikan arah angin lewat dari mana agar ia berjalan melawan arah angin supaya ia kelak sudah dekat dengan rusa itu nanti baunya manusia ini tidak tercium oleh rusa tsb.
Memang dasar nasib baik.ia melihat di depan mata nya ada satu empang,kemudian ia memperhatikan sekeliling empang tersebut apakah ada rusa,kebetulan sekali ada seekor
rusa besar yang sedang ketiduran dengan nyenyak di pinggir empang tadi,mungkin telah capek berjalan dan kebanyakan minum,atau mungkin di uber uber pemburu.
Setelah mangkin dekat dia lihat rusak tsb tetap tidur nyenyak.kebetulan pamona pergi ke hutan memakai tiga bolit seperti tali yang di ikat di kepala dan ini lah yang akan di bikin nya untuk menjerat rusa itu nanti.ia tidak sempat lagi berpikir untuk mencari tali ke hutan atau akar akar yang besar kareba maklum takut nanti rusa itu sudah bangun apabila di tinggal lama.
Pelan pelan kedua kaki belakang di ikat jadi satu kemudian kaki depan juga di buat demikian semntara rusa tsb masih tidur nyenyak sekali.ikatan tali tadi di buat sedemikian rupa(pudun sintak)artinya apabila nanti di tarik maka makin kencang lah ikatan tsb.
Setelah semua ikatan tadi di periksa dan merasa yakin tidak melesat.Pamona kemudian memegang pertengahan tali tadi.kemudian dengan suara kencang beteriak agar rusa trsebut kaget,karena kaget nya maka rusa mulai berontak dan bersamaan dengan itu ikatan tali tadi makin kencang pula.setelah lama rusa tsb merontaronta lama kelamaan ia pun tunduk menyerah dan kemudian rebah karena keduan kaki nya sudah terikat.maksud nya empat kaki di ikat menjadi dua ikatan.
Setelah merasa aman.kemudian Pamona mencari akar kayu untuk menambah ikatan tadi dan selanjut nya ia akat kan ke sebatang pohon yang kebetulan ada di pinggir empang tsb agar tidak bisa ke mana mana lagi.setelah semua beres maka ia perhati kan rusa tersebut memang sesuai permintaan raja tsb.lalu ia merasa girang dan seterus nya ia kembali pulang ke kampung.
Dalam perjalanan ia amat girang jalan nya ringan,kadang kadang ia berlari lari kegirangan biar cepat sampai ke rumah dan kira kira jam tiga sore ia pun tiba di kampung.lalu ia beri tahu kan kepada raja bahwa ia telah menangkap rusa dan sekarang sudah di ikat di hutan.mendengar itu sempat kuping raja merah karena kaget nya.ia merasa terpukul sekarang tapi ia sadar sikap demikian tidak baik apalagi ia seorang raja terhormat.lalu ia masih berpikir sekarang ia masih berpikir sekarang cara apalagi yang bisa menghambat agar anak nya tsb tidak menjadi isteri pamona tsb.
Sementara pamona melapor kan kepada raja bahwa apa yang di minta raja nya itu telah di ketemukan oleh pamona.rusa nya amat besar.tidak bisa di gotong oleh tiga orang./untuk itu saya mintak tenaga antara 4 atau 6 orang anak muda untuk mengambil nya bersama saya biar kami bisa berganti nanti membanwa nya ke sini
Setelah raja sudah habis pikir maka ia menyuruh 4 orang anak muda berangkat menyertai di ke hutan mengambil rysa tsb.
Tapi apakah gerangan di balik keikutsertaan anak muda itu?
Tapi dengan tidak sepengetahuan pamona raja memanggil ke empat anak muda tadi.kemudian ia mengatakan apabila nanti rusa tersebut seperi yang di janji kan pamona tidak benar ada maka kalian bunulah pamona nanti di sana sampai mati karena tidak ada yang bakal tahu.
Kemudian mereka berlima berangkat ke hutan dengan berjalan cepat maklum hari sudah mulai sore pamona selalu berjalan di depan dan sudah ada firasat kepada nya.apabila rusa yang dia ikat tadi sudah tidak ada lagi.maka ia akan di bunuh oleh berempat suruhan raja tersebut jadi dia selalu waspada dan waswas karena ia akan di bilang pendusta atau pembohong dan jahat.
Setelah mangkin dekat ke empang tadi.pamona berjalan semangkin cepat.sambil mengambil jarak agak jauh sedikit dari anak muda berempat tadi dengan maksud siapa tahu rusa tadi lepas dari ikatan nya.maka ia bisa di bunuh,maka dengan adanya jarak mungkin ia bisa dapat melolos kan diri atau lari.tetapi setelah ia lihat rusa tsb masi terjerat dng ikatan tali tadi ia memanggil anak muda itu agar cepat jalan nya sambari mereka mengambil kayu untuk alat untuk menundak rusa tsb nanti.karena rusa tsb akan di bawa/di gotong ke kampung dalam keadaan hidup.mereka sudah gelap/malam baru tiba di kampung kemudian ikatan tali tadi mereka buka dari kaki rusa tsb yntuk seterus nya di masuk kan ke dalam kandang kerbau/sapi raja tsb.
Sesampai nya rusa tsb dikampung,kelihatan raja tsb termangu tidak bisa bicara lagi,tidak ada lagi k0mentar,dan sebalik nya pamona juga tida ngomong apalagi dng raja tsb.

Tidak ada komentar:

Barus 1000 tahu yang lalu

PELETAKAN BATU PERTAMA PEMBANGUNAN TUGU RAJA TOGA LAUT PARDEDE DI LUMBAN JABI-JABI - BALIGE

Setelah terbentuknya panitia pembangunan Tugu Raja Toga Laut Pardede di Jakarta oleh beberapa keturunan Raja toga Laut Pardede yang berdomisili di jakarta sekitarnya (sejabodetabek)
maka diputuskanlah agar semua keturunan Raja Toga Laut Pardede ikut serta dalam Napak tilas show force keliling kota Balige pada tanggal 18 Agustus 2007, dengan rute dimulai Losmen Toga Laut Tawar, Tugu Naga Baling, Makam Raja Bona Ni Onan Pardede & Raja Paindoan Pardede dan ber akhir di Lumban Jabi-jabi / Tugu Raja Toga Laut Pardede, yang kemudian dengan kata-kata sambutan, oleh Tokoh-tokoh Sonak malela dll.